Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

RSAB Harapan Kita

  • Home
  • Berita
  • Penyuluhan ASI & Tumbuh Kembang Anak dan Perkembangan Bicara pada Anak

Penyuluhan ASI & Tumbuh Kembang Anak dan Perkembangan Bicara pada Anak

Jakarta, Kamis 23 Maret 2017, RSAB Harapan Kita kembali mengadakan penyuluhan dalam rangka kegiatan PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) yang bertujuan untuk menciptakan masyarakat rumah sakit dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui perubahan pengetahuan, sikap, dan perilaku pasien dengan baik. Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 09.30 sampai dengan 10.30 WIB tersebut memiliki 2 topik yang berbeda. Ns. Frida Aryani, S.kep dari tim klinik Anak Alamanda menyampaikan penyuluhan mengenai ASI dan Tumbuh Kembang Anak serta Nurul Septianie, Amd.Tw dari tim Terapi Wicara dengan topik Perkembangan Bicara pada Anak usia 0 – 6 tahun. Pada kesempatan itu hadir pula salah satu Team KP-ASI RSAB Harapan Kita Ns. Yanti Riyantini,MKep,Sp.Kep.Anak

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 60 menit dan dihadiri oleh 21 peserta itu bertempat di Ruang Tunggu Klinik Anak. Sebagai pembuka, Ns. Frida menyampaikan edukasinya mengenai Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak. Pertumbuhan dan perkembangan buah hati menjadi perhatian orang tua. Pertumbuhan merupakan salah satu bagian dari proses perkembangan, karena proses pertumbuhan individu mengikuti proses perkembangan. Setiap anak tidak akan bisa melewati satu tahap perkembangan sebelum ia melewati tahapan sebelumnya. Menurutnya, proses tumbuh kembang tiap anak harus berjalan optimal dan tidak lepas dari tiga kebutuhan dasar yaitu Asuh, Asih dan Asah. Menurut Undang Undang Perlindungan Anak Bab I pasal 1 No. 12 dan Bab II pasal 2, Hak anak adalah bagian dari hak azasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara. Hak anak tersebut mencakup (1) non diskriminasi, (2) kepentingan terbaik bagi anak, (3) hak kelangsungan hidup, dan (4) perkembangan dan penghargaan terhadap pendapat anak. Mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) merupakan salah satu hak azasi bayi yang harus dipenuhi. Untuk mendukung hal tersebut telah dikeluarkan berbagai pengakuan atau kesepakatan baik yang bersifat global maupun nasional yang bertujuan melindungi, mempromosi, dan mendukung pemberian ASI. Dengan demikian, diharapkan setiap ibu di seluruh dunia dapat melaksanakan pemberian ASI dan setiap bayi diseluruh dunia memperoleh haknya mendapat ASI.

Pada kesempatan yang sama, Nurul Septianie, Amd.Tw dari team Terapi Wicara  menyampaikan  topiknya mengenai Perkembangan Bicara pada Anak. Istilah tumbuh kembang terdiri atas dua peristiwa yang sifatnya berbeda tetapi saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan perubahan dari segi ukuran : besar, jumlah atau dimensi dari sel atau organ tubuh seseorang.
Sedangkan perkembangan (development) adalah perubahan dari segi penyempurnaan fungsi organ yang berangsur – angsur. Nurul Septianie yang saat itu menjadi salah satu narasumber juga menjelaskan dengan detail mengenai proses bicara dan perkembangan bahasa pada anak yang harus diketahui oleh para ibu agar bisa mengetahui sejak dini apabila ada keterlambatan tumbuh kembang pada buah hatinya.

Peserta yang hadir saat itu terlihat sangat antusias. hal tersebut dapat terlihat dari beberapa pasien yang mengajukan pertanyaan seputar topik yang telah disampaikan. Kegiatan penyuluhan seperti ini rencananya akan rutin dilakukan setiap bulannya, jadi nantikan kami di kegiatan berikutnya dengan topik yang lebih menarik.