Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

RSAB Harapan Kita

  • Home
  • Berita
  • PARTISIPASI RSAB HARAPAN KITA DALAM MEMPERINGATI PEKAN ASI SEDUNIA (PAS)

PARTISIPASI RSAB HARAPAN KITA DALAM MEMPERINGATI PEKAN ASI SEDUNIA (PAS)

Jakarta, 01/08/2017, Dalam rangka memperingati Pekan Asi Sedunia (PAS), yang diperingati setiap tahun pada minggu pertama di Bulan Agustus. RSAB Harapan Kita bekerja sama dengan TATC ( Tambah Asi Tambah Cinta ) mengadakan kegiatan seperti Talkshow dan konseling. Adapun kegiatan tersebut, bertujuan untuk Membangun kepedulian/kesadaran semua pihak untuk mendukung keberlangsungan pemberian ASI. Seperti kita ketahui, ASI mengandung semua nutrisi penting yang diperlukan bayi untuk tumbuh kembangnya, disamping itu juga mengandung antibodi yang akan membantu bayi membangun sistem kekebalan tubuh dalam masa pertumbuhannya. Menyusui juga dapat menciptakan ikatan psikologis dan kasih sayang yang kuat antara ibu dan bayi.

Mengingat pentingnya pemberian ASI bagi tumbuh kembang yang optimal baik fisik maupun mental dan kecerdasannya, maka perlu perhatian agar dapat terlaksana dengan benar. Faktor keberhasilan dalam menyusui adalah dengan menyusui secara dini dengan posisi yang benar, teratur, dan eksklusif. Oleh karena itu, salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah bagaimana ibu yang bekerja dapat tetap memberikan ASI kepada bayinya secara eksklusif sampai 6 (enam) bulan dan dapat dilanjutkan sampai anak berumur 2(dua) tahun. Saat ini, sudah banyak orang tua yang berhasil memberikan bayi mereka ASI Ekslusif, meskipun kedua orang tuanya bekerja. Bahkan banyak pula yang mampu meneruskan menyusui hingga anaknya berusia dua tahun atau lebih. Semua itu bisa dilakukan jika ibu mendapatkan informasi yang benar mengenai pemberian ASI maupun penggantinya (susu formula, dan berbagai jenis cairan lain) sejak masa kehamilannya.

RSAB Harapan Kita ikut berpartisipasi dalam memperingati Pekan Asi Sedunia (PAS). Petugas medis yang terdiri dari perawat, bidan dan ahli gizi ikut memberikan kontribusinya dalam kegiatan tersebut. Kegiatan konseling ini berhasil menarik perhatian pasien, karena diberikan kesempatan untuk berkonsultasi secara Cuma – Cuma dengan petugas medis yang berkompeten di bidangnya. Selain memberikan konseling kepada pasien rawat jalan, kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada pasien ibu rawat inap untuk dapat berkonsultasi tentang ASI dengan petugas medis yang mengunjungi pasien di ruangan – ruangan rawat inap. Kegiatan yang dilakukan selama 4 hari ( 01 s/d 04 Agustus 2017 ) dimulai dari jam 09.00 – 12.00 WIB berlangsung dengan lancar.

Bunda – bunda hebat, sekali lagi, jangan lewatkan kesempatan emas ini ya, kesempatan yang tidak akan terulang untuk kedua kalinya dalam memberikan ASI bagi bayi – bayi mungil kita, karena banyak sekali manfaat yang akan diperoleh ibu dan bayi kita. Sampai ketemu di konseling berikutnya.. dan selalu semangat dalam memberikan ASI.