Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

RSAB Harapan Kita

  • Home
  • Berita
  • Acara
  • RSAB Harapan Kita bekerja sama dengan UKM Koperasi Kreasi Indonesia Hebat mengadakan Bazar Ramadhan

RSAB Harapan Kita bekerja sama dengan UKM Koperasi Kreasi Indonesia Hebat mengadakan Bazar Ramadhan

Jakarta (13/6), Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1438 H, RSAB Harapan Kita bekerja sama dengan UKM Koperasi Kreasi Indonesia Hebat mengadakan Bazar Ramadhan, yang bertempat di lapangan parkir RSAB Harapan Kita, pkl. 08.00 – 16.00. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, terhitung dari tanggal 13 s/d 16 Juni 2017. Sekitar 70 stand yang disediakan oleh panitia terisi penuh oleh peserta bazar. Kegiatan ini dibuka oleh dr. Susy Himawati, MARS selaku Direktur Umum dan Operasional.

Sebelum acara dimulai, Team PPI mensosialisasikan tentang Hand Hygine. Kebijakan Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa rumah sakit di Indonesia wajib mengikuti standar akreditasi nasional empat pelayanan dasar, dimana patient safety merupakan standar pelayanan yang menjadi target utama, termasuk di dalamnya tentang pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit. Salah satu komponen penting sebagai indikator mutu pelayanan di rumah sakit adalah kejadian infeksi dimana dapat dicegah melalui penerapan hand hygiene.

Hand hygiene ini tidak hanya berlaku bagi pegawai rumah sakit saja, tetapi juga harus diterapkan oleh semua orang yang berkunjung ke Rumah Sakit. Seperti yang di utarakan oleh team PPI bahwa kebersihan tangan merupakan suatu prosedur tindakan membersihkan tangan dengan menggunakan sabun / antiseptic di bawah air mengalir atau dengan menggunakan handrubs berbasis alcohol. Team PPI juga menjelaskan, bagi peserta yang membuka stand makanan, diwajibkan menggunakan alat-alat atau perlengkapan (APD = Alat Pelindung Diri) untuk melindungi dan menjaga kebersihan. 4 item peralatan APD tersebut adalah Tutup Kepala, Sarung Tangan, Masker dan Celemek.  Peserta Bazar terlihat sangat antusias saat penyuluhan Hand Hygiene di berikan.

Gerakan ini dilakukan untuk mewujudkan masyarakat sehat sesuai dengan program GERMAS, gerakan kementrian kesehatan mewujudkan Indonesia yang lebih sehat.  Melalui kegiatan edukasi ini, kita bisa membantu membuka wawasan masyarakat akan pentingnya cuci tangan. Dan pada akhirnya cuci tangan menjadi kebiasaan bagi setiap individu untuk mencegah penularan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja dengan mudah.