Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

RSAB Harapan Kita

Pentingya Inisiasi Menyusui Dini

Jakarta, Kamis 26 Oktober 2017, RSAB Harapan Kita mengadakan penyuluhan rutin dalam rangka kegiatan PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit). Kegiatan yang diselenggarakan mulai pukul 09.30 sampai dengan 11.00 WIB diisi dengan topik Inisiasi Menyusui Dini yang disampaikan oleh Team KP-ASI RSAB Harapan Kita.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 19 peserta dan berlangsung kurang lebih 90 menit bertempat di Ruang Tunggu Anyelir lantai 2. Rindy Alfilistya,AMKeb yang merupakan salah satu team KP-ASI RSAB menyampaikan bahwa Tidak dapat dipungkiri, menyusui memiliki banyak manfaat kesehatan baik bagi ibu maupun bayinya. Inisiasi Menyusui Dini (IMD) merupakan awal mula seorang ibu memberikan ASI kepada bayinya seketika ia dilahirkan ke dunia yakni dalam jam-jam pertama. Hal ini salah satunya untuk memastikan bahwa bayi menerima kolostrum (susu pertama), yang kaya akan faktor protektif (zat kekebalan tubuh). Proses ini harus berlangsung skin to skin antara bayi dan ibu. Biasanya, bayi dapat menemukan puting susu ibu dalam jangka waktu 1 jam pertama.

Pentingya Inisiasi Menyusui Dini

Pada saat edukasi, dijelaskan juga betapa pentingya pemberian ASI Eksklusif bagi bayi, Yang dimaksud dengan ASI Eksklusif adalah bayi hanya diberi ASI saja selama 6 bulan, tanpa tambahan cairan lain seperti susu formula, jeruk, madu, air teh, dan air putih, serta tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, bubur susu, biskuit, bubur nasi, dan nasi tim. Setelah 6 bulan baru mulai diberikan makanan pendamping ASI (MPASI). ASI dapat diberikan sampai anak berusia 2 tahun atau lebih.

Manfaat pentingnya pemberian IMD begitu besar bagi tahapan awal permulaan sang bayi ketika baru dilahirkan di dunia ini. Karena dengan adanya pemberian inisiasi menyusui dini bagi bayi adalah bisa dijadikan salah satu cara dalam menekan dan menurunkan penyebab kematian bayi oleh karena hipotermia (kedinginan). Hal ini karena dalam proses IMD ketika sang bayi merangkak didada mencari payudara sang ibu untuk menyusui maka kehangatan ibu akan memberikan kenyamanan pada sang bayi.

Peserta yang hadir saat itu terlihat cukup antusias, terlihat dari beberapa pasien yang membagikan pengalamannya kepada pasien lain dalam memberikan ASI Eksklusif ke pada bayinya dan melakukan kegiatan IMD pasca persalinan. Buat bunda – bunda yang hebat, ayo berikan ASI bagi buah hati anda maksimal sampai usai 2 tahun.Salam sehat....