Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

RSAB Harapan Kita

Asi & Tumbuh Kembang Anak

Jakarta, Kamis 09 November 2017, RSAB Harapan Kita mengadakan kegiatan penyuluhan rutin yang dilakukan sebulan 2 kali dalam rangka kegiatan PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit). Topik yang disampaikan oleh Ns. Neneng Herawati,SKep yang tergabung dengan team KP-ASI RSAB Harapan Kita adalah ASI & Tumbuh Kembang yang diselenggarakan mulai pukul 12.00 sampai dengan 14.00 WIB, kegiatan edukasi ini di lakukan di ruang pertemuan Seruni lantai 2 ( ruang NICU ).

Pertumbuhan merupakan salah satu bagian dari proses perkembangan, karena proses pertumbuhan individu mengikuti proses perkembangan. Setiap anak tidak akan bisa melewati satu tahap perkembangan sebelum ia melewati tahapan sebelumnya. Proses tumbuh kembang tiap anak harus berjalan optimal dan tidak lepas dari tiga kebutuhan dasar yaitu Asuh, Asih dan Asah disampaikan edukator dalam kegiatan pemberian edukasi.

Neneng Herawati menjelaskan bahwa laktasi merupakan proses yang dikenal dengan istilah inisiasi menyusu dini, dimana ASI baru akan keluar setelah ari-ari atau plasenta lepas. Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi alamiah terbaik bagi bayi karena mengandung kebutuhan energi dan zat yang dibutuhkan selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Namun, ada kalanya seorang ibu mengalami masalah dalam pemberian ASI. Kendala yang utama adalah karena produksi ASI tidak lancar.

asi tumbuh kembang anak 2

Proses kerja hormon dalam menghasilkan ASI :

  1. Saat bayi mengisap, sejumlah sel saraf di payudara ibu mengirimkan pesan ke hipotalamus.
  2. Ketika menerima pesan itu, hipotalamus melepas ‘rem’ penahan prolaktin
  3. Untuk mulai menghasilkan ASI, prolaktin yang dihasilkan kelenjar pituitari merangsang kelanjar-kelenjar susu di payudara ibu.

Kegiatan ini dihadiri oleh 13 peserta yang kebetulan merupakan orang tua dari bayi – bayi yang sedang dirawat di ruang Seruni ( NICU ) . Semua peserta sangat antusias, terlihat dari beberapa peserta yang bertanya seputar ASI & Tumbuh Kembang dan ada beberapa peserta yang berbagi cerita seputar tumbuh kembang anaknya. Di akhir edukasi, narasumber mengajak para ibu, yang mengikuti penyuluhan saat itu untuk memberikan ASI eksklusif dan dilanjutkan sampai usia bayi 2 tahun, Karena banyak sekali manfaat yang diperoleh bagi ibu maupun bayinya dalam proses pemberian ASI.

Bagi bunda semua yang ingin mengikuti edukasi, ditunggu kehadirannya di RSAB Harapan Kita. Karena topik – topik yang dibahas akan berbeda setiap kalinya dan tentunya menarik dan sangat bermanfaat. Salam sehat dan selalu semangat……………….