Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

tolak gratifikasi

  • Home
  • Berita
  • RSAB Harapan Kita Mendukung Kegiatan PPNI dengan Kampanye Dan Edukasi Cuci Tangan

RSAB Harapan Kita Mendukung Kegiatan PPNI dengan Kampanye Dan Edukasi Cuci Tangan

Jakarta, Dalam rangka HUT ke -43 Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( PPNI ) tanggal 17 Maret 2017 dengan Pencegahan & Pengendalian Infeksi, RSAB Harapan Kita mendukung kegiatan PPNI dengan kampanye dan edukasi cuci tangan. Kegiatan tersebut diawali dengan upacara yang dihadiri oleh seluruh direksi dan segenap karyawan & karyawati RSAB Harapan Kita, dilanjutkan dengan senam bersama yang berlokasi di lapangan parkir pukul 07.30 – 08.30.

Dalam sambutannya, direktur utama RSAB Harapan Kita menyampaikan bahwa kebersihan tangan atau cuci tangan adalah salah satu kegiatan dalam pencegahan dan pengendalian infeksi yang paling mudah dan murah untuk memutus mata rantai infeksi. Diharapkan kepada seluruh karyawan RSAB Harapan Kita menyadari betapa pentingnya cuci tangan sebelum dan sesudah melakukan berbagai macam aktivitasnya .Dikesempatan yang sama team PPNI juga memandu peserta senam untuk melakukan gerakan cuci tangan 6 langkah ( tepung selaci putar - putar ) secara bersama sama.

Setelah acara senam bersama selesai, team PPNI berkeliling ruangan untuk mengkampanyekan secara serentak gerakan perawat mendukung masyarakat sehat dalam bentuk cuci tangan kepada seluruh pasien. kampanye ini dilaksanakan di ruang tunggu rawat jalan dan rawat inap. dalam hal ini, petugas mensosialisasikan pentingnya cuci tangan, kapan harus mencuci tangan dan memberitahukan langkah2 cuci tangan yang benar kepada pasien.

Acara Kampanye Cuci Tangan dalam Rangka Ultah PPNI

Pasien sangat antusias sekali saat diajak untuk praktek cuci tangan ( 6 langkah ) dengan menggunakan handrub. harapan dari kampanye dan edukasi ini adalah bisa bermanfaat bagi seluruh pasien, keluarga pasien maupun pengunjung rumah sakit dalam membantu pencegahan penyakit.

Gerakan ini ditujukan untuk mewujudkan masyarakat sehat sesuai dengan program GERMAS, gerakan kementrian kesehatan mewujudkan Indonesia yang lebih sehat. Acara ini sebagai wujud partisipasi perawat Indonesia dalam mensukseskan Program Kementrian Kesehatan yaitu GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ), selain itu acara ini juga untuk mendukung Gerakan Cuci tangan Se Indonesia secara serentak di waktu yang sama untuk memecahkan rekor MURI.

Melalui kegiatan edukasi dan kampanye cuci tangan ini, kita bisa membantu membuka wawasan masyarakat akan pentingnya cuci tangan. Dan pada akhirnya cuci tangan menjadi kebiasaan bagi setiap individu untuk mencegah penularan yang bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja dengan mudah.