Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

Kunjungan Ke Sekolah dalam Rangka Penerapan PHBS

Jakarta, 01 Agustus 2019. Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) merupakan salah satu program dalam pelayanan edukasi kepada masyarakat, baik dalam lingkup pelayanan kesehatan di RSABHK maupun masyarakat di luar rumah sakit. Dalam rangka Hari Anak Nasional (HAN) 2019 salah satu kegiatannya adalah melakukan kunjungan ke SMP Muhammadiyah 3 Tomang – Jakarta Barat. Adapun tujuan kunjungan tersebut adalah dalam upaya memberikan pengetahuan serta kesadaran masyarakat, khususnya usia remaja dalam sikap dan perilaku terkait cara hidup yang bersih dan sehat, sehingga terciptanya masyarakat yang sadar kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan serta kesadaran untuk menjalani perilaku hidup yang menjaga kebersihan & memenuhi standar kesehatan.

Manfaat Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) disekolah merupakan kegiatan pemberdayaan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah untuk melakukan pola hidup sehat, sehingga dapat menciptakan sekolah sehat serta mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan dapat meningkatkan proses belajar mengajar di lingkungan sekolah dengan baik.

Yanti Riyanti, M.Kep, Sp.Kep.An dan Ns. Muhammad Koko Hartopo, S.Kep adalah team narasumber dari RSAB Harapan Kita. Dalam paparannya, narasumber menjelaskan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat itu sangat penting sekali. Salah satu faktor pendukung kemajuan SDM di bidang pendidikan ialah kesehatan pelajar itu sendiri. Mewujudkan kesehatan pelajar yaitu dengan cara menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat atau PHBS di sekolah. Bila para pelajar menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolahnya, upaya dalam meningkatkan derajat kesehatan di sekolah akan terwujud.
“Perilaku hidup bersih dan sehat yang bisa dilakukan di sekolah itu sangat sederhana sekali, salah satunya adalah mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan”. Yanti menjelaskan. Seluruh siswa yang hadir saat itu diajak untuk mempraktekkan bagaimana mencuci tangan yang benar dengan 6 langkah.

Selain cuci tangan, penerapan PHBS di sekolah dapat berupa aktivitas sehat seperti mengkonsumsi jajanan sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, memberantas jentik nyamuk, olahraga yang teratur, tidak merokok di lingkungan sekolah dan membuang sampah pada tempatnya. Indikator PHBS di sekolah ini harus diterapkan seluruh jajaran akademik, mulai dari guru hingga pelajar demi terwujudnya sekolah yang sehat.

Siswa – siswi yang hadir tampak antusias atas materi yang disampaikan oleh narasumber. Dan Beberapa siswa – siswi dapat / mampu mempraktekkan cara cuci tangan yang benar dengan didampingi oleh tim kesehatan dari RSAB Harapan Kita.

Sekolah yang sehat dengan anggota komunitas tingkat sekolah yang berperilaku hidup bersih, dapat mencegah sekolah menjadi titik permulaan atau sumber berbagai penyakit. Marilah membiasakan hidup bersih dan sehat. “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Salam sehat..