Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

Penuhi Hak - Hak Anak Kita

Jakarta, 24 Juli 2019. Hari Anak Nasional (HAN) diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal 23 Juli. HAN ini diperingati untuk mengingat bahwa anak – anak Indonesia merupakan aset yang sangat penting dan berharga bagi bangsa. Tahun ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengusung tema “Kita Anak Indonesia Kita gembira, Kualitas Keluarga Penopang Perlindungan Anak”.

RSAB Harapan Kita sebagai rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan khusus anak dan bunda, berpartisipasi dalam mendukung suksesnya peringatan Hari Anak Nasional. Salah satunya adalah dengan melakukan siaran dalam bentuk talkshow keluarga sehat di Radio Kesehatan milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pada pukul 09.00 – 10.00 WIB, dengan tema “Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak Indonesia”  yang diisi oleh dr. Eva Devita Harmoniati, SpA (K) sebagai narasumber. Kegiatan ini merupakan salah satu program yang ditujukan untuk meng-edukasi masyarakat yang ingin tahu lebih banyak tentang kesehatan.

Bertepatan dengan Hari Anak Nasional, RSAB membahas seputar bagaimana memenuhi hak anak agar tumbuh sehat dan gembira. Eva Devita menjelaskan, “ada 10 hak anak  Berdasarkan Konvensi Hak-Hak Anak PBB, antara lain ; Hak anak untuk bermain, hak mendapatkan pendidikan, hak mendapatkan perlindungan, hak mendapatkan nama, hak mendapatkan status kebangsaan , hak mendapatkan makanan, hak akan akses kesehatan, hak rekreasi, kesamaan dalam perlakuan, dan hak dalam mendapatkan peran dalam pembangunan. Semua itu merupakan tanggung jawab kita sebagai orang tua untuk bisa memenuhi hak tersebut, agar anak dapat tumbuh dengan optimal dan sesuai dengan potensinya.”

Hak anak untuk mendapatkan kesehatan sebenarnya sudah harus didapatkan sejak dalam kandungan, seperti ; hak mendapatkan nutrisi yang baik dari ibunya & mendapatkan pemantauan kesehatan sejak masih di dalam kandungan. Setelah dilahirkan,  anak mendapatkan hak untuk mendapatkan ASI, mendapatkan imunisasi  dan stimulasi dari orang tua dan lingkungannya agar tumbuh kembangnya sesuai dengan yang diharapkan. Berbicara tentang imunisasi, Eva Devita menambahkan bahwa imunisasi dapat melindungi anak dari berbagai penyakit, walaupun itu bukan merupakan faktor utama. Oleh karena itu berikan anak imunisasi yang lengkap agar dapat menunjang pertumbuhannya. Anak yang memiliki imunitas baik sudah bisa dipastikan tumbuh kembangnya akan optimal, begitu sebaliknya.

Daya tahan tubuh anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah dengan memenuhi nutrisi yang baik. Saat talkshow, Eva Devita mengatakan bahwa kita saat ini mengenal istilah “Isi Piringku” yang tidak hanya berfokus pada isinya tetapi juga frekuensi dalam memberikan asupan kepada anak sesuai dengan pertumbuhannya.

Diakhir talkshow Eva Devita menyampaikan bahwa kita sebagai orang tua harus memperhatikan hak – hak anak , seperti hak mendapatkan nutrisi, kesehatan, hak mendapatkan stimulus dan  mendapatkan perlindungan dari kekerasan agar tumbuh dengan sehat dan gembira.

Anak anak adalah aset kemajuan bangsa dan negara, oleh karena itu sudah sepatutnya kita menjaga dan memperhatikan hak – hak mereka. Sampai bertemu lagi di talkshow selanjutnya yang tidak kalah menarik dengan tema hari ini.

Salam sehat

 siaran dr eva 1  siaran dr eva 2

Tags: Berita, siaran