Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

tolak gratifikasi

Asi Eksklusif pada Ibu Bekerja. Siapa Takut!!

Jakarta, Kamis 08 Februari 2018, Menyusui merupakan salah satu pengalaman paling indah yang dialami ibu dan bayi. Sayangnya tidak semua ibu menyadari akan pentingnya menyusui bayinya. Dalam era globalisasi, banyak ibu yang bekerja, keadaan ini sering menjadi kendala bagi ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Sehingga pemberian ASI Eksklusif mungkin tidak tercapai. Agar ibu yang bekerja juga dapat memberikan ASI eksklusif kepada bayinya perlu pengetahuan dan cara pemberian ASI yang benar.

RSAB Harapan Kita hadir kembali dalam kegiatan penyuluhan yang rutin dilakukan setiap seminggu sekali dalam rangka kegiatan PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit). Topik yang disampaikan oleh Dewi Setiawati,AMKeb selaku narasumber saat itu adalah seputar Pemberian ASI Eksklusif bagi Ibu Bekerja  kegiatan ini diselenggarakan mulai pukul 10.00  sampai dengan 11.00 WIB di ruang tunggu Poliklinik Terpadu Anak Sehat (POTAS) lantai 2 RSAB Harapan Kita.

Dewi Setiawati menyampaikan Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi karena kandungannya yang unik. ASI lebih dari sekedar nutrisi yang baik tapi juga memberikan perlindungan terhadap infeksi, perlindungan imunologik, perlindungan terhadap alergi dan mempengaruhi perkembangan fisik serta mental. Begitu pentingnya manfaat ASI bagi bayi, maka para ahli menyarankan agar ibu menyusui bayinya selama 6 bulan sejak kelahiran yang dikenal dengan istilah ASI Eksklusif.

Dijelaskan oleh Dewi Setiawati beberapa Tips menyusui ASI Eksklusif untuk Ibu Bekerja, antara lain ;

  1. Pahami hak kita sebagai ibu bekerja
  2. Gunakan pompa ASI Elektrik
  3. Buat jadwal menyusui / memompa ASI
  4. Simpan di freezer
  5. Kenakan pakain yang mudah untuk dibuka

RSAB Harapan  Kita  merupakan salah  satu rumah  sakit  yang  mendukung penuh keberhasilan ASI ekslusif. Berdasarkan  hal tersebut, KPASI RSAB Harapan Kita memberikan penyuluhan – penyuluhan seputar Pentingnya Pemberian ASI . Kegiatan ini dihadiri oleh 11 peserta yang sedang kontrol ke Poliklinik Terpadu Anak Sehat (POTAS).

Asi Eksklusif pada Ibu Bekerja 01

Siapa bilang orang tua yang bekerja di luar rumah tidak bisa memberikan ASI Eksklusif pada anaknya ? Pasti bisa, Jika memiliki pengetahuan dan dukungan yang cukup dalam manajemen laktasi. Keterlibat ayah dalam pemberian ASI, akan meningkatkan kepercayaan diri ibu dan lingkungan. Jadi, apa sih yang perlu dipersiapkan orang tua yang bekerja agar anak – anaknya bisa mendapatkan ASI Eksklusif ? Kuatkan NIAT dan TEKAD.

Semoga anda dan pasangan anda bisa satu kata, satu asa dan satu langkah dalam memberikan asupan gizi bagi anak – anak anda. Selamat berjuang wahai orang tua yang mencintai anak – anaknya. Salam Sehat.