Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

tolak gratifikasi

Edukasi Mengenai Tuberkulosis di Poliklinik Alamanda

Jakarta, Kamis 15 Februari 2018, RSAB Harapan Kita kembali memberikan penyuluhan kepada pasien dalam rangka Program Promosi Kesehatan Rumah Sakit. Tema yang diangkat saat edukasi adalah tentang Tuberkulosis, Apa dan Bahayanya Pada Anak ? Bertempat di ruang tunggu poliklinik Alamanda, peserta yang hadir saat itu berjumlah  38 orang yang sedang menunggu antrian untuk pendaftaran. Kegiatan ini berlangsung kurang lebih 60 menit, dari jam 10.00 – 11.00 WIB.

Dr. Rifan Fauzie,SpA selaku narasumber saat itu menjelaskan bahwa TB adalah penyakit infeksi yang bersifat sistemik, dapat menyerang berbagai organ tubuh, terutama paru, penyebabnya adalah kuman Mycobacterium tuberculosis yang biasa disebut TB. Penyakit ini mudah menular dan salah satu cara penularannya adalah dengan percik renik (droplet) dari penderita yang mengandung bakteri TB dan tidak diobati.

“Gejala penyakit TB pada anak dapat dikenali dengan ciri – ciri seperti ; Nafsu makan menurun, Gagal tumbuh, BB turun, tidak naik atau naik namun tidak sesuai grafik tumbuh, Demam tidak tinggi yang kronik atau berulang dengan penyebab yang tidak jelas, Anak tidak aktif, lemas/lemah/malaise kronik, Batuk kronik > 2 minggu, Riwayat kontak dengan pasien TB dewasa yang infeksius (dahak mengandung kuman BTA positif),” Rifan Fauzie menyampaikan dalam edukasinya.

Edukasi Mengenai Tuberkulosis di Poliklinik Alamanda 01

Bagaimana cara menegakkan diagnosis TB pada anak, pemeriksaan penunjang apa saja yang perlu dilakukan, bagaimana pengobatannya dan terapi TB merupakan bagian dari presentasi yang disampaikan oleh narasaumber saat itu. Peserta yang hadir cukup antusias, terlihat dari beberapa pertanyaan yang dilontarkan kepada narasumber terkait dengan materi yang disampaikan.

Semoga edukasi yang diberikan bermanfaat buat kita semua. Salam sehat dan nantikan kami di kegiatan berikutnya dengan topik yang lebih menarik.