Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

tolak gratifikasi

ASI Eksklusif Pada Ibu Bekerja, Pasti Bisa !

Jakarta, Jumat 10/08/2018, Dalam memperingati Pekan ASI Sedunia yang diselenggarakan dari tanggal 09 – 13 Agustus 2018, RSAB Harapan Kita mengadakan kegiatan penyuluhan tentang ASI Eksklusif pada Ibu Bekerja yang disampaikan oleh Ns. Martina Mutiara Dewi, S.Kep di ruang tunggu Klinik Alamanda, mulai pukul 09.00 – 10.00 WIB.
Era globalisasi saat ini dengan emansipasi wanita dalam berkarier sering menjadi kendala bagi ibu untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. sehingga pemberian ASI Eksklusif mungkin tidak tercapai. Agar ibu yang bekarja juga dapat memberikan ASI eksklusif kepada bayinya perlu pengetahuan dan cara pemberian ASI yang benar.

Martina Mutiara Dewi menjelaskan betapa pentingnya memberikan ASI pada bayi, memberi ASI bukan sekadar membuat kenyang bayi. Nutrien khususnya membantu otak berkembang optimal, karena komposisi yang terkandung di dalam ASI menunjang tumbuh kembang bayi apalagi terdapat kandungan antibodi alami yang dapat membantu dalam mencegah infeksi dan gangguan kesehatan pada bayi. Sementara suasana yang diciptakan akan membentuk anak jadi pribadi yang tangguh.
Ibu bekerja tetap harus memberikan ASI karena banyak sekali manfaatnya bagi ibu dan bayi. Ditempat kerja, ASI diperas tiap 2-3 jam. Pengeluaran ASI dapat membuat ibu merasa nyaman dan mengurangi ASI menetes. Simpan ASI di lemari es dan dibawa pulang dengan termos es saat ibu selesai bekerja. Kegiatan menyusui dapat dilanjutkan pada malam hari, pagi hari sebelum berangkat, dan waktu luang ibu. Keadaan ini akan membantu produksi ASI tetap tinggi.
“Ibu sudah harus belajar cara memerah ASI segera setelah bayi lahir. Sebelum dan sesudah memerah ASI, biasakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu, ASI bisa diperah dengan tangan atau menggunakan pompa, tergantung dengan kenyamanan bunda sendiri.” Martina menambahkan dalam edukasinya.
RSAB Harapan Kita merupakan salah satu rumah sakit yang mendukung penuh keberhasilan ASI ekslusif. Peserta yang hadir saat itu sebanyak 10 orang dan mereka cukup antusias mendengarkan serta memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi yang disampaikan.
Bekerja bukan merupakan suatu alasan atau kendala bagi ibu untuk tidak memberikan ASI Eksklusif, karena itu tetap semangat yah bunda. Salam sehat.

PKRS RSAB Harapan Kita

Tags: Berita, PKRS, Artikel