Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

tolak gratifikasi

Keselamatan dan Keamanan Pada Pemberian Kemoterapi

Jakarta, Selasa 09/10/2018, Dalam rangka memberikan edukasi ke pasien, RSAB Harapan Kita kembali melakukan Program Promosi Kesehatan Rumah Sakit di ruang tunggu Poliklinik Alamanda pukul 10.00 – 11.00 WIB. Materi yang disampaikan oleh Sari Nartiana, Skep.,Ners, salah satu team Hematologi – Onkologi di RSAB adalah perawatan tentang Kemoterapi. 

Kemoterapi adalah pengobatan utama dalam mengobati kanker. Tapi, efek kemoterapi ternyata bisa berdampak jangka panjang pada kesehatan bahkan setelah dinyatakan sembuh dari kanker. Efek samping kemoterapi tak hanya muncul saat menjalani pengobatan saja, tetapi juga bisa muncul setelah pengobatan selesai. Bahkan efek samping bisa muncul bertahun-tahun setelah pengobatan selesai. 

 

Sari menjelaskan efek samping dari obat kemoterapi antara lain ; dapat membuat rentan terhadap perdarahan dan memar, seperti memar pada kulit, mimisan, dan gusi berdarah, timbulnya ruam karena gatal-gatal di kulit, bisa membuat laki-laki maupun perempuan mengalami masalah reproduksi berupa infertilitas, kecacatan pada bayi dan keguguran. “Paparan obat kemoterapi itu bisa melalui inhalasi, debu obat dan kulit selama proses penyiapan, pemberian dan pembuangan sisa obat-obat kemoterapi, oleh karena itu kita harus sangat berhati – hati,” Ujar Sari.

Banyak sekali yang perlu mendapatkan perhatian terkait dengan kemoterapi, salah satunya adalah penanganan obat kemoterapi oral, antara lain ; jangan menggerus obat kemoterapi oral, gunakan sarung tangan ganda, tempatkan obat kemoterpai pada cup disposable, bila melalui ngt obat harus direndam dulu dalam air putih 30 menit sampai larut, aduk perlahan jangan ada percikan atau tumpah dan tempatkan seluruh material yang sudah digunakan dalam kantong plastik ungu. 

Peserta yang hadir saat itu sebagian merupakan orang tua pasien yang menderita kanker, dan edukasi ini sangat bermanfaat sekali bagi mereka, terlihat dari beberapa peserta yang bertanya tentang materi yang disampaikan. Bahkan ada pasien yang berbagi pengalaman mengenai bagaimana perawatan kemoterapi yang selama ini anaknya jalankan.

Semangat hidup menjadi kunci utama untuk sembuh dari suatu penyakit, berikan motivasi, semangat, dukungan dan perhatian bagi orang – orang yang kita cintai. Salam sehat!

kemoterapi 3 kemoterapi 2
kemoterapi 4 kemoterapi 1