Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan
Perempuan, Perinatal dan Anak

Gizi Seimbang Pada Anak

Jakarta, 25 Juli 2019. Promosi Kesehatan Rumah Sakit merupakan salah satu prorgam yang dijalankan oleh RSAB Harapan Kita dalam memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kesehatan. Salah satunya adalah dengan melakukan penyuluhan kepada pasien yang ada di rumah sakit.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN), RSAB merupakan salah satu rumah sakit yang turut berpartisipasi dengan melakukan penyuluhan mengenai gizi seimbang hari Rabu 24 Juli di ruang tunggu Poliklinik Anak Alamanda, pukul 10.00 – 11.00 WIB. Siti Dharma Azizah, S.ST dan Yulika Sianipar, S.Gz dari Instalasi Gizi menjadi narasumber saat itu. Dengan tema “Kita Anak Indonesia Kita gembira, Kualitas Keluarga Penopang Perlindungan Anak”, Siti Dharma mengajak kita semua untuk lebih memperhatikan asupan gizi pada anak, agar perkembangannya sesuai dengan tingkat umurnya.

Yulika menjelaskan, bahwa ada 9 ciri – ciri anak sehat menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Yang pertama adalah naiknya berat dan tinggi badan secara teratur dan proporsional, kedua tingkat perkembangannya sesuai dengan tingkat umurnya, ketiga tampak aktif atau gesit dan gembira, keempat mata bersih dan bersinar, kelima anak sehat nafsu makannya baik, keenam bibir dan lidah tampak segar, ketujuh pernapasan tidak berbau, kedelapan kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering dan yang terakhir mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Slogan 4 sehat 5 sempurna memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, namun perlu kita tahu bahwa kementerian kesehatan telah mengkampanyekan slogan baru yakni 'Isi Piringku' sebagai pengganti slogan 4 Sehat 5 Sempurna untuk pedoman konsumsi sehari-hari dalam memenuhi gizi seimbang.Dikatakan gizi seimbang, apabila menu / hidangan yang diberikan seimbang dengan kebutuhan zat gizinya. Isi Piringku menggambarkan porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari makanan pokok, sayuran, lauk-pauk dan buah – buahan. Selain isi piringku, ada 3 hal penting lainnya yang harus ditekankan, yaitu cuci tangan sebelum makan, aktivitas fisik yang cukup dan minum air putih cukup.

Peserta yang hadir adalah pengunjung rawat jalan dan terlihat sangat antusias, mereka menyampaikan beberapa pertanyaan terkait dengan materi yang disampaikan. Kegiatan ini dilanjutkan dengan konsultasi gratis oleh tim gizi di RSAB Harapan Kita. Ayo Ayah Bunda, perhatikan asupan gizi bagi anak – anak kita, karena meraka adalah generasi penerus bangsa dan merupakan aset sangat berharga.

Salam sehat....

gizi 4 gizi 2 gizi 3
gizi 5  gizi 6